Langsung Dilirik HRD! Lakukan 5 Hal Ini di Email Lamaran Kerjamu

Hallo Guys!

Pasti dari kalian sudah banyak yang tahu nih, kalau saat ini sudah banyak perusahaan yang menerima surat lamaran kerja secara online terutama untuk perusahaan yang masih di tahap startup. Jadi, untuk kamu yang ingin melamar kerja, minZ kasih tahu nih ada hal yang harus kamu siapkan selain resume, CV (curriculum vitae), dan portofolio yang baik.

Jadi, selain yang minZ sebutkan di atas kamu juga harus menyiapkan cara email lamaran kerja yang baik dan menarik. Wah apa itu email lamaran kerja? Email lamaran kerja atau bisa disebut dengan cover letter itu kurang lebih sama dengan resume. Cover letter adalah hal yang pertama dilihat oleh HRD sebelum membuka file attachment.

Isi tulisan pada badan email dari cover letter ini biasanya berupa informasi mengenai posisi yang diinginkan dan darimana mendapatkan informasi lowongan tersebut. Nah, agar perjuangan mempersiapkan resume, CV, dan portofoliomu tidak sia-sia. Berikut minZ berikan tips bagaimana cara membuat email lamaran kerja yang menarik.

  1. Tulis Subjek Email dengan Jelas
  2. Ganti Nama Alamat Email Menjadi Lebih Formal
  3. Badan Email di Awali dengan Sapaan dan Nama Jabatan yang Tepat
  4. Gunakan Bahasa Baku dan Formal
  5. Tulis Bagian Perkenalan Secara Jujur

Sesuaikan Cover Lettermu dengan Kemampuan yang Kamu Miliki, Jenis Pekerjaan dan Perusahaannya

Jika kamu tidak terlalu baik dalam berbahasa asing jangan dipaksakan dan gunakan saja bahasa Indonesia. Asalkan posisi yang kamu inginkan memang sesuai dan tidak ada tuntutan berbahasa asing yang baik. Tulis email lamaran kerja yang sesuai sama kebutuhan kamu. Format serta isi cover letter yang rapih pasti akan segera dilirik oleh HRD.

1 komentar untuk “Langsung Dilirik HRD! Lakukan 5 Hal Ini di Email Lamaran Kerjamu”

Tinggalkan Komentar